Wartawan Harus Kuasai Multimedia

[IMG:wartawan-harus-kuasai-multimedia.jpeg]

Wartawan generasi mutakhir, tampaknya tak cukup hanya memiliki kemampuan tunggal. Tuntutan zaman mengharuskan mereka bisa memiliki kemampuan multimedia. Demikian garis besar pernyataan Toriq Hadad di depan 200 mahasiswa di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Rabu (14/05/2014). Berbicara dalam kegiatan SPS Goes to Campus (SGtC) yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Toriq mendorong mahasiswa agar berani mengambil profesi sebagai jurnalis.

Lebih jauh dalam kemasan acara talk-show “Buka Mata Mari Bekerja di Media” itu, Toriq mengatakan, "Karir di media bisa dibagi menjadi 2 (dua), yaitu bagian produksi dan non produksi. Menyinggung soal idealisme wartawan, ia berkata bahwa idealisme wartawan akan terjamin jika kemampuan media untuk menghidupi dirinya sudah mapan.

Selain dirinya, acara ini juga menghadirkan Faisal Syam, Pemimpin Redaksi Harian Fajar Makassar. Faisal senada dengan Toriq, mengajak mahasiswa untuk berkarir di perusahaan media cetak. “Banyak hal yang menjanjikan bagi masa depan Anda jika benar-benar mau serius menekuni karir di media cetak,” ujarnya penuh semangat.

Sebagaimana di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Kristen Petra Surabaya, program SGtC di Unhas juga menyelenggarakan workshop manajemen pers mahasiswa bagi aktivis pers mahasiswa di Unhas dan kampus-kampus se kota Makassar. *** (asw)